Pepedan Hills: Konsep wisata budaya dan pemandangan alam kabupaten pangandaran


Sebuah bukit yang terletak di desa selasari makin hari namanya semakin popular dikalangan wisatawan. Bukit yang menawarkan pesona pemandangan alam berupa hamparan hijau landscape wilayah kabupaten pangandaran dan samudra hindia makin cantik saja.


Selain panorama alam, di pepedan hills baru saja digelar acara seni dan budaya khas daerah pangandaran, acar tersebut merupakan serangkaian acara peresmian pepedan Hills oleh Bupati pangandanran Bpk, Jeje Wiradinata.

Bupati Pangandaran Bpk H. Jeje wiradinata di iringi pemangku wisata pepedan untuk meresmikan pepedan hills. 


Acara yang berlangsung satu hari tersebut menampilkan berbagai macam kesenian daerah yang sudah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat kabupaten pangandaran, yang bertemakan “ Ngamumule Seni Tradisi Kaulinam Urang lembur “ diantaranya : Kecapi suling, Upacara adat, Jaipong, Lebon, Ronggeng Gunung, Pentas seni anak, Gondang, dan acara penyalaan Obor.

Acara tersebut berlangsung meriah yang dihadiri oleh Bupati pangandaran dan sejumlah ratusan wisatawan yang datang untuk menyaksikan kesenian daerah tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa geliat pariwisata indonesia dan pangandaran khususnya sedang mengalami peningkatan , baik dalam negeri maupun luar negeri. Pepedan hills yang baru dibuka sekitar setahun belakangan ini, terus mengalami perkembangan yang cukup bagus dalam segi pengelolaan dan penyajian wisata. Karena pangandaran memiliki sejumlah kesenian daerah yang memiliki potensi wisata budaya yang sangat bagus, pepedan hills menawarkan pariwisata yang berbeda dari wisata lain yang ada di pangandaran.

Dengan konsep wisata seni budaya dan adat istiadat, diharapkan mampu mendorong pepedan hills menjadi pariwisata berkelas nasional yang mampu mendatakangkan lebih banyak wisatawan ke pangandaran.

Penampilan sejumlah pegiat seni pada acara tersebut ternyata mendapat respon yang luar biasa dari wisatawan yang datang, karena selain melestarikan budaya leluhur yang memiliki nilai luhur, juga mendatangkan nilai ekonomis yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Penari jaipong dalam upacara adat peresmian pepedan hills 



Perkembangan pariwisata harus sejalan dengan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat sehingga dalam perjalanannya pariwisata tidak hanya menawarkan panorama alam saja tapi, keunikan budaya adat istiadat, kehidupan produk kerajinan dan berbagai hal yang dapat dimuat dalam kemasan wisata yang berkebudayaan.

Share this:

, , ,

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment