Explore Air terjun Weringis dengan view dramatis dan romantis

Air terjun weringis diantara terasering

Sabtu siang yang jenuh membuat saya rasanya ingin pergi ke suatu tempat yang menyenangkan, melakukan petualangan mengeksplore tempat baru yang dan dapat memacu adrenaline.

Terlintas untuk mencari keberadaan sebuah air terjun yang kata beberapa orang, air terjun itu sangat cantik dan menawan. Selain itu letak nya yang berada di antara lembah terasering membuat keberadaan air terjun yang satu ini sangat dramatis.

saya pun melakukan sedikit persiapan, berkemas barang-barang yang mesti saya bawa menuju air terjun yang dimaksud. Kamera, phonsel, air mineral, makanan ringan, dan sepeda motor.

Akhirnya saya bersama 4 rekan saya memulai perjalanan menuju air terjun weringis, begitulah masyarakat menamai air terjun yang satu ini.

Perjalanan kami dimulai dengan melewati jalan pemukiman warga, di daerah putrapinggan, kecamatan kalipucang, kabupaten Pangandaran. jalanan sudah cukup bagus dengan kontruksi semi beton, namun sedikit berlubang. Karena keberadaan air terjun weringis berada di perbukitan , jalan yang kami lalui sedikit menanjak dan berbelok.

Rekan kami yang menggunakan motor trabas lebih gampang dibanding rekan saya yang lain yang menggunakan motor matic, sedikit penuh perjuangan, karena ada satu lokasi yang kontur jalannnya sangat berbelok dan menanjak.

Namun semangat untuk menuju air terjun tidak menyurutkan kami, sebaliknya kami merasa senang, adrenaline kami terpacu bebas lepas dan puas, seperti yang saya inginkan.

Lama perjalanan kurang lebih sekitar 30 menit dengan jarak temput sekitar 10 km dari jalan utama. Sepanjang perjalanan merupakan pemukiman warga yang rumahnya jarang-jarang dan kadang berkelompok di bukit satu dengan yang lainnya.

Kontur perbukitan membuat sebagian masyarakat disini menanami kebunnya dengan tanaman rempah-rempah seperti cengkeh, lada, kapol/kapulaga, jahe, kopi dan berbagai jenis tanaman kayu.

Dari bukit di wilayah putrapinggan kita dapat melihat laut lepas dibagian selatan kabupaten pangandaran yang memiliki perbatasan langsung dengan samudra hindia. Sehingga iklim di pangandaran banyak di pengaruhi oleh iklim ari benua Australia dan sangat cocok untuk lahan perkebunan.

Tanaman perkebunan disini tumbuh dengan subur dan merupakan komoditas utama bagi pertanian masyarakat pangandaran, yang sebagian masyarakatnya merupakan petani dan nelayan.

Perjalanan kami ternyata tidak memerlukan waktu yang lama, akkhirnya kami hampir sampai di tempat yang kami tuju, walau sedikit kesasar akhirnya kami memutuskan bertanya kepada warga setempat mengenai keberadaan curug weringis tersebut.

Dengan ramah warga tersebut memberikan petunjuk kepada kami lokasi curug weringis. Karena lokasinya yang berada di lembah, jadi perjalanan kami lanjutkan dengan sedikit berjalan kaki, melewati kebun kapulaga. motor kami parkir dihalaman rumah warga, kami percaya motor kami aman disana. dan sebagai ucapan terima kasih kami pulangnya berniat memberi sedikit rejeki kepada warga yang sudah kami titipi motor.

“wow” merupakan hal pertama yang saya serukan, setelah kami melihat sawah yang terbentang di hadapan kami.

lereng-lereng hijau kontras degan sawah terasering membuat kami terpukau, sekejap perjalanan yang melelahkan tadi hilang sudah, semuanya terbayar oleh pemandangan sawah bertingkat dengan padinya yang mulai menguning.

Rasanya seperti berada di Bali, padahal ini di Pangandaran, Balinya Jawa Barat. Sekeliling kami Nampak asri dan menyegarkan mata. Pesawahan terasering kontras dengan pohon kelapa di beberapa sudutnya. Menambah kesan pulau tropis yang membuat siapa saja ingin berlibur dan menghabiskan waktu dengan bersantai malas.

Tidak hentinya saya bersyukur dan kagum dengan pemandangan yang indah ini, amazing pokoknya, kalian mesti datang kesini dan rasakan sendiri petualangan yang sesungguhnya.

Namun kami tidak berhenti disitu karena tujuan kami adalah menuju lokasi air terjun yang berada di balik bukit pesawahan terasering itu, kami berjalan melewati pematang sawah dengan sesekali foto selfie. lumayan buat nambah feed dan bikin envy fakir pikinik.

Baru saja berjalan sebentar terdengar suara air bergemuruh, seperti jatuh seperti dari langit. Kami pun semakin penasaran dengan apa yang kami cari. sepertinya sudah sangat dekat keberadaan air terjun yang kami cari, Air terjun Weringis.

Dengan rasa penasaran yang sangat besar, perlahan kami melihat dari kejauhan garis-garis putih yang berjatuhan pada dinding batu hitam. berseri-seri seperti mamanggil-manggil kami untuk segera menghampirinya lebih dekat.

Diantara sawah terasering yang hijau air terjun itu tampak seperti garis-garis putih yang menjuntai panjang mirip rambut putih bidadari yang tergerai panjang. dibawah air terjun tumbuh beberapa pohon kelapa yang semakin membuat air terjun itu sangat dramatis. saya seperti di dalam film bajak laut dimana ada air terjun di antara pohon kelapa di sebuah pulau tropis.

sulit di ungkapkan dengan kata-kata, perjalan yang penuh energy dan memacu penuh adrenaline, terbyarkan dangan panorama surge yang tersembunyi di antara bukit hijau dan sawah terasering.

tidak hanya berdiam diri kami melanjutkan perjalanan ke bawah menuju air terjun itu, menapaki teras-teras sawah kami menyempatkan berfoto, lumayan deh udah jauh-jauh masa gak bawa bukti, ya cukup foto yang bikin kesel teman-teman yang belum datang kesini.

sekitar 10 menit meniti jalan di lereng bukit terasering, akhirnya kami sampai juga di air terjun yang memukau ini, tidak hentinya kami berdecak kagum dengan keindahan yang tuhan berikan ke pada negeri ini. tebing batu hitam setinggi  kurang lebih 50 meter mengalir air jernih membentuk untaian lembut aliran air yang menyejukan. air tejun weringis sungguh cantik, dan masih sangat alami, jarang masyarakat yang tau keberadaan air terjun ini.
walau letaknya sangat mudah dijangkau, namun karena belum banyaknya infromasi mengenai keberadaan air terjun weringis membuat air terjun weringis tidak sepopuler beberapa air terjun yang ada di pangandaran.

air terjun ini belum dikelola oleh siapapun sebagai objek wisata, padahal pemandangan disini memungkinkan kawasan air terjun yang berada diantara lembah terasering manjadi daya tarik tersendiri.

asal di kelola dengan baik pasti akan memberikan dampak yang posistif bagi ekonomi warga sekitar. namun terlepas dari itu semua kami bersyukur karena kami masih dapat menikmati keindahan air terjun weringis tanpa banyak orang yang datang.

pokonya puas sekali dapat melihat dengan mata kepala sendiri air terjun yang memukau ini, kalian mesti datang untuk melihatnya langsung.

Catatan kecil.

jika ingin berkunjung ke air tejun weringis lebih asik saat musim tanam padi, atau ketika sawah teraseringnya sedang ditanami padi, karena selain pemandangan air terjun yang cantik, sawah terasering disana bakal membuat kalian gak akan melewatkan moment berfoto dengan latar terasering. dijamin bikin baper teman-teman yang kurang piknik.

karena belum ada warung dan fasilitas lengkap, diusahakan kalian harus mempersiapkannya dengan matang. walau lokasi dekat perumahan warga, tidak lucu kan sampai sana kehausan dan lupa bawa air mineral. kalo kalian bisa minum air sungai sih gak papa, paling nanti dikira kodok ngorek di pinggir kali.