Pesona Kota Tua Indonesia yang membuat kita kembali ke masa lalu.

Kota Lama, Kota Tua, Kota Heritage, sekarang lagi heboh nih  Di Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, yang banyak bangunan kuno yang usianya lebih dari 100 tahun
Di seluruh dunia, bangunan hertage justru menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Paris, London, Madrid, Meunchen, Berlin, Saint Petersberg, Moscow, Amsterdam, Roma, dll penuh dengan kota tua yang menarik sekali untuk di kunjungi, mengenal sejarahnya.

Negara2 Eropa sangat kuat dg pariwisata berbasis heritage, disana bangun tua dipertahankan bentuknya, dipugar kembali, mungkin hanya sedikit bagian saja yang mengalami perubahan itu juga tidak terlalu merubah struktur bangunan sejarah tersebut.

Di indonesia  sendiri tidak kalah hitzs ternyata,masyarakat malah menjadikan berwisata ke kota tua sebagai tujuan wisata, Seperti contohnya Semarang deh! Ada Kota Lama yang saat ini lagi ngehits nih .

Pada  saat HUT RI ke72 Kota Lama Semarang heboh juga dengan bendera Merah Putih di berbagai sudut, tentunya menjadi daya tarik sendiri untuk masyarakat yang gemar berfoto, berlatar belakang kota tua dan warna warni semarak kemerdekaan yang akan menambah keindahan hasil fotonya.

Waktu yang pas untuk mengunjungi kota tua semarang adalah pada sore hari sebelum matahari terbenam, selain udara sudah bersahabat, kesan kota tuanya akan berasa banget.


Maka kalian yang datang pada sore hari untuk menikmati kota tua semarang jangan kaget yah jika di sudut-sudut bangunan kota tua  dipenuhi anak muda mudi berfoto-foto dengan background bangunan kuno

Bangunan yang didesain dengan arsitektur Belanda di Kota Lama Semarang merupakan salah satu seni art deco yang sudah sangat sdikit jumlahnya, beruntung sekali beberapa wilayah di indonesia memiliki bangunan art deco bergaya colonial masih terawat dengan baik. Walaupun banyak dari bangunan bersejarah dan bernilai seni tinggi banyak yang hancur oleh tangan manusia dan pembangunan.

Kesimpulannya, Kota Lama Semarang sekarang emang keren banget!  Kawasan Kota Lama merupakan kawasan urban. Salah satu landmark wisata Kota Semarang yang jadi daya tarik. Sebagai atraksi wisata, Kota Lama Smg adalah  koridor arsitektur kolonial peninggalan Belanda.

Kota Semarang memiliki sejarah panjang terkait dengan VOC Belanda. Bangunan Karya Arsitek Thomas Karsten tidak hanya di kawasan kota lama namun juga tersebar.

Kota Lama selain pusat heritage juga sering dijadikan sebagai salah satu lokasi Film Indonesia berlatar sejarah. Tuhkan ternyata tidak hanya film luar negeri saja yang mengambil gambar di bangunan kota tua tapi film indonesia juga banyak yang mengambil setting di kota tua.

Film Indonesia yang pernah syuting disini adalah Film Sang Kyai, dan film terbaru tentang WR. Soepratman.

Kota Lama memiliki saksi sejarah antara Indonesia dan Belanda di masa lampau. Untuk mengenalkan sejarah di masa lampau, pernah diadakan Rijssta Festival yang dihadiri oleh Perdana Menteri Belanda.


Ada juga Festival Kota Lama yang menjadi event  diselenggarkan setiap tahun. Anda sudah ke Semarang Kota Lama belum? 

Share this:

, ,

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment